Bagi yang menginginkan file - file download silahkan daftar disini

Monday, September 10, 2012

Algoritma & Pemogramman


Konsep Algoritma

Algoritma merupakan dasar/pondasi yang harus dikuasai jika kita ingin menyelesaikan masalah secara berstruktur, efektif dan efisien, apalagi bila permasalahan itu diselesaikan melalui program komputer.
untuk menyelesaikan masalah dengan program tentunya terlebih dahulu kita lakukan hal sebagai berikut :

1. Menganalisa masalah dan membuat algoritma.
Didalam analisa masalah diperlukan tindakan untuk mengidentifikasi informasi (data-data masukan) yang  menjadi keluaran pemecahan masalah. untuk hal tersebut diperlukan prosedur untuk mengolah masukan menjadi keluaran yang dikehendaki. langkah demi langkah untuk penyelesaian masalah inilah yang disebut dengan algoritma.


Definisi Algoritma
"Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis".
kata Logis merupakan kata kunci dalam Algoritma. langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.

Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Banyak cabang ilmu komputer yang diacu dalam terminologi algoritma. Namun, jangan beranggapan algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja. Dalam kehidupan sehari-haripun benyak terdapat proses yang dinyatakan dalam suatu algoritma, secara umum, pihak (benda) yang mengerjakan proses disebut pemroses (processor). Pemroses tersebut dapat berupa manusia, komputer, robot atau alat-alat elektronik lainnya. Pemroses melakukan suatu proses dengan melaksanakan atau "mengeksekusi" algoritma yang menjabarkan proses tersebut.

Melaksanakan Algoritma berarti mengerjakan langkah-langkah di dalam algoritma tersebut. Pemroses mengerjakan proses sesuai dengan algoritma yang diberikan kepadanya.
Juru masak membuat kue berdasarkan resep yang diberikan kepadanya, pianis memainkan lagu berdasarkan papan not balok, karena itu suatu Algoritma harus dinyatakan dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh pemroses. Jadi suatu pemroses harus :
1. Mengerti setiap langkah dalam Algoritma
2. Mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.

Sebagai contoh sederhana, hitunglah keliling persegi panjang dengan komputer, maka sebelum membuat program kita buat dulu algoritmanya sebagai berikut :
1. Dapatkan nilai panjang dan lebar persegi panjang
2. Hitunglah keliling persegi panjang dengan menggunakan rumus 2 x (panjang+lebar)
3. Cetak hasil keliling persegi panjang

Algoritma di atas dinyatakan dalam bentuk bahasa manusia yang mudah dimengerti oleh kita. Biasanya untuk penyelesaian masalah yang menggunakan komputer algoritmanya dapat disajikan dalam salah satu dari 2 bentuk algoritma yaitu Diagram Alir (Flowchart) atau Pseudocode.

Menggunakan Pseudocode
Pseudocode yaitu suatu bentuk algoritma yang menggunakan berbagai notasi yang dimaksudkan untuk menyederhanakan bentuk kalimat manusia.

1. Panjang = 6
2. Lebar = 8
3. Keliling = 0
4. Keliling = 2 * (P+L)
5. Cetak K

Menggunakan Flowchart
Diagram Alir atau Flowchart adalah suatu standar untuk menggambarkan urutan dalam suatu proses. setiap langkah dalam algoritma dinyatakan dengan sebuah symbol dan aliran setiap langkah dinyatakan dengan garis yang bertanda panah.

Menuangkan algoritma ke dalam bentuk program.
Komputer hanyalah salah satu pemroses, Agar dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemogramman sehingga dinamakan program.
Jadi program adalah perwujudan atau implementasi teknis Algoritma yang ditulis dalam bahasa pemogramman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh komputer.
- Perbedaan belajar pemogramman dengan belajar bahasa pemogramman adalah : belajar memprogram tidak sama dengan belajar bahasa pemogramman.
Belajar memprogram adalah belajar tentang metodologi pemecahan masalah, kemudian menuangkannya dalam suatu notasi tertentu yang mudah dibaca dan dipahami, sedangkan belajar bahasa pemogramman berarti belajar memakai suatu bahasa aturan-aturan tata bahasanya, instruksi-instruksi tersebut  untuk membuat program yang ditulis hanya dalam bahasa itu saja.

Berikut program hasil dari algoritma menghitung keliling persegi panjang menggunakan bahasa pemogramman BASIC,
10 INPUT "Masukan Panjang persegi panjang", P
20 INPUT "Masukan Lebar persegi panjang",L
30 K = 0
40 K = 2 * (P+L)
50 PRINT K

Dokumen Lengkap silahkan Download disini

0 comments:

Cerminan Qolbu

innaa nahnu nuhyii almawtaa wanaktubu maa qaddamuu waaatsaarahum wakulla syay-in ahsaynaahu fii imaamin mubiinin


Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan. Dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam Kitab Induk yang nyata (Lauh Mahfuzh).

Q.S : Yaa Siin [36:12]

  © Interactipe Media Mirtokom Company by Moch.Irwan Hermanto, S.KomSebarkan Informasi 2012

Back to TOP